Otomotif

Merawat mobil Chevy Spin

Sharing for today.
Belajar dari Twin-Otter Bluebooks.
Ternyata memelihara pesawat supaya gak mogok di udara gak susah2 amit.
Cukup identifikasi, sediakan Tactical-Sparepart dan lakukan Turn-around dgn interval tertentu secara bergiliran.
Satu part terpasang dan dipakai, sedangkan part lainnya di rekondisi utk dipakai berulang2.

Dari pengalaman mobil2 sebelumnya, cuma ada 4 part di Chevy Spin yg bisa dikatagorikan sbg tactical-parts. Part yg jika terjadi kerusakan, tanpa ampun pesawat akan jatuh di tengah hutan.
Tactical part di Chevy Spin:

1. Motor Fan Radiator. Setiap 2 thn (40rb km) di gilir part cadangan. Sementara fan yg berumur bisa di rekondisi ganti bushing/bearing & carbonbrush ke tukang dinamo.
2. Alternator. Setiap 5 thn (100rb km) di gilir pakai. Sementara yg lama di rekondisi ganti bearing & carbon brush di tukang dinamo.
3. Fuel pump. Setiap 5 thn (100rb km) diganti motor fuel-pump saja. Motor FP gak bisa direkondisi. Cuma bisa di lembiru. Hgr nya relatif murah.
4. Sensor CKP (Crankshaft position). Ini induk dari timing pembakaran mesin. Diganti tiap 7000 jam pemakaian. Misal rata2 pemakaian mobil 1 hari 3 jam. Berarti ganti CKP setiap 6thn sekali.

Part & sensor2 lain umumnya sebelum rusak memberikan indikasi performa yg melemah. Dan bisa diidentifikasi saat service berkala.
Selalu dimonitor juga tegangan alternator, tidak boleh lebih 16volt. Jika lebih ada indikasi IC alternator rusak, bisa merambat merusak komponen elektrikal yg lain.

https://www.facebook.com/groups/ChevySpinIndonesiaOwners/permalink/741893339350658/?pnref=story

Leave a comment